Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

DESA PAMOYANAN MEMBERIKAN BANTUAN BERAS SEBANYAK 10KG

Purwakarta, Kamis (21/09) Pemerintah Desa Pamoyanan membagikan bantuan berupa beras sebanyak 10kg yang bersumber dari Bantuan Cadang Pemerintah (BCP) Tahun 2023. Bantuan ini diberikan kepada 533 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kepada dua dusun yang di Desa Pamoyanan, pada dusun satu terdapat 295 KK, dan pada dusun dua terdapat 238 KK.  Adapun yang harus diperhatikan dalam pengambilan/penerimaan bantuan pangan tahun 2023 dengan membawa dan menunjukan surat undangan, KTP el / Kartu Keluarga (KK) asli. Pemerintah Desa Pamoyanan turun langsung dalam melayani masyarakat untuk memberikan bantuan tersebut, serta dikawal oleh Kepala Desa Pamoyanan yang turut hadir dalam acara pemberian bantuan tersebut.  Bantuan pangan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari, setidaknya dapat meringankan beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

SENI DALAM PENCAK SILAT : MENDORONG KAUM MUDA UNTUK TERUS MENGHARGAI KEBERADAANNYA

Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara (Indonesia). Unsur-unsur untuk membela diri dengan seni bela diri, yaitu dengan menggunakan pukulan dan tendangan. Pencak silat merupakan bela diri yang banyak diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Di Desa Pamoyanan hadir wadah untuk memupuk kesenian dalam pencak silat yang berwadah dalam organisasi Perguruan Pencak Silat Satria Muda Pamoyanan. Organisasi ini melestarikan kebudayaan silat ini dan disambut baik oleh anak-anak sekitar yang terdiri dari berbagai usia. Keadaan Satria Muda mendorong generasi muda mengembangkan seni dan menjaga serta melestarikan pencak silat agar tetap eksis dikemudian hari. Satria Muda Pamoyanan dengan bangga pernah mengantarkan anak didiknya menjadi juara umum di pertandingan silat se-Kabupaten Purwakarta dan akan melaju ke tingkat provinsi. Moto "shalat, silat, dan silaturahmi" diharapakan dapat menjadi acuan yang kuat untuk berprestasi tanpa melupakan Tuhan dan teman.

SINGKAT TAPI MEMIKAT

Perpisahan adalah sebuah keniscayaan dalam pertemuan. Merupakan sebuah hukum alam bahwa jika ada pertemuan pasti ada perpisahan. Selama 13 hari di Desa Pamoyanan adalah sebuah anugerah luar biasa karena bisa bersama-sama belajar dan mengenal. Dulunya tidak tahu sekarang jadi tahu, itulah yang Praja IPDN di Desa Pamoyanan rasakan.  Pelaksanaan Bhakti Karya Praja telah berakhir dan saatnya kembali ke ksatriaan untuk mengisi ilmu yang nantinya akan diterapkan di masyarakat. Dalam perpisahan, Praja IPDN mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Pamoyanan serta memohon maaf karena dalam pelaksanaan Bhakti Karya Praja terdapat banyak kesalahan baik ucapan maupun tindakan. Praja IPDN juga berharap semoga ke depannya Pamoyanan menjadi desa maju dan lebih baik lagi. "Perpisahan memang menyakitkan, namun yakinlah akan selalu ada rencana baik dibalik itu semua" BHAKTI KARYA PRAJA IPDN XXXI                                                                                                                                                                                                     5-18 September 2023

NGALIWET : KESETARAAN, PERSAUDARAAN, DAN KESEDERHANAAN

Ngliwet adalah tradisi makan siang bersama yang dilakukan saat istirahat siang di Kantor Desa Pamoyanan. Desa Pamoyanan telah melaksanakan tradisi ini semenjak 2 tahun lalu. Tradisi ini mengandung nilai kebersamaan dan kesetaraan dimana kepala desa dan seluruh perangkat makan bersama beralaskan daun pisang sambil berbincang, bercanda, dan berdiskusi. Dengan tradisi ini, ikatan persaudaraan semakin erat sebab terjalin komunikasi satu sama lain. Komunikasi berlandaskan kesederhanaan dari hati ke hati yang akan membangun lingkungan kerja yang kondusif dan suportif. Biasanya yang menjadi ciri khas dalam acara ngaliwet ini adalah adanya ikan teri dana kerupuk, yang bermakna bukan tentang apa yang dimakan tetapi dengan siapa kita makan.  

KERIPIK PAMOYANAN : ALTERNATIF CAMILAN MENARIK BIKIN KETAGIHAN

Keripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya.  Pamoyanan adalah salah satu desa yang memiliki usaha rumahan berupa keripik, salah satunya milik Teh Epi di Kp. Pasir Peuteuy RT 10 RW 3 Keripik yang dibuat biasanya adalah keripik talas dan pisang. Keripik dijual dengan kemasan 250 gram dengan harga 13 ribu rupiah. Dalam sehari Teh Epi bisa memproduksi keripik 20-30 kilogram. Selain itu Teh Epi juga memproduksi lumpia krispi, piscok, bolpis lumer, ketimus, misro, peyek, donat, makaroni bantet.